Penerbit: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian
Menampilkan semua artikel dari penerbit ini.
Ditemukan 19 artikel.
Implementation of Microlearning to Improve Learning Outcomes on Digital Number System Material
Oleh: Iqbal, Muhammad, Pramudyanti, rinaldi, Daniel
This study aims to determine the effectiveness of microlearning implementation on the topic of Digital Number Systems in improving student learning outcomes. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design of the Nonequivalent Control Group Design type. The research su...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal PPS-TP; 1-13
Development of Augmented Reality Learning Media as an Interactive Visual Educational Tool in Computer Component Learning
Oleh: Dewiyanti, Intan, Firdaus, Rangga, Saputra, Bayu
Objectives: Computer component learning at MTs Negeri 1 Pringsewu still uses conventional methods (lectures, images, projectors) with limited interactivity. Laboratory conversion to classrooms restricts hands-on practice, resulting in low student interest and achievement (only 50% meet Minimum Compl...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal PPS-TP; 14-26
Pengembangan Modul Berbantuan Assemblr Studio Pada Materi Perangkat Jaringan Fiber Optik Untuk Kelas X Di SMK
Oleh: Latifah, Dewi Ria, Pramudiyanti, Saputra, Bayu
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan Assemblr Studio yang valid, praktis, dan efektif pada materi perangkat jaringan fiber optik untuk peserta didik kelas X di SMK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi bahan ajar dan keterbatasan perang...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal PPS-TP; 27-43
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Nearpod pada Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas X SMA
Oleh: Adiputra, Pungkas Arroyan, Firdaus, Rangga, Rinaldi, Daniel
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Nearpod pada materi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D dari Thiagaraj...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal PPS-TP; 44-61
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN AUTHORING TOOLS PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA
Oleh: Febrianto, Muhammad Dika, Firdaus, Rangga, Sagala, Margaretha Karolina
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran interaktif yang dirancang dengan bantuan Authoring Tools jenis Ispring Suite untuk materi Sistem Komputer yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadopsi penelitian Research and Development (R&D) dengan model 3D yang memiliki...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal PPS-TP; 62-77
Rancang Bangun Aplikasi Website Untuk Pengarsipan Data Rumah Edukasi Lampung di Desa Hanakau Jaya
Oleh: Mardasela, Siti, Firdaus, Rangga, Rinaldi, Daniel
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi mempengaruhi pengarsipan data. Proses manual beralih ke digital. Penelitian ini membuat aplikasi website untuk mengarsipkan data di Rumah Adat Nuwa Balak Lembahan Agung, Desa Hanakau Jaya. Aplikasi ini memiliki fitur registrasi user, login, profil, info,...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP; 1-13
Pengembangan e-Module Berbasis Model OBAK pada Materi Tipografi Kelas X SMK Desain Komunikasi Visual
Oleh: Maysitha, Putri Pratiwi, Pramudiyanti, Sagala, Margaretha Karolina
Pengembangan modul elektronik berbasis model pembelajaran Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi (OBAK) dengan bantuan platform Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module berbasis Model OBAK pada materi Tipografi kelas X SMK Desain Komunikasi Visual yang valid, praktis...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP; 14-31
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi dalam Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Oleh: Zuliyanti, Luthfi, Firdaus, Rangga, Suryadinata, Nurain
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Prezi pada materi basis data kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang telah dikembangkan oleh Rahmatika (2022) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar sisw...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP; 32-42
The Effectiveness of the Project Based Learning Model on Web Programming Material in Enhancing Students' Creative Thinking Skills
Oleh: Muslim, Abdul Aziz, Rasim
This research aims to describe the effectiveness of the Project Based Learning model on Web Programming material in improving students' creative thinking skills. This research is a pre-experiment. The design used in this study is a one-group pretest-posttest group design. The population in thi...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP; 43-54
Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Instagram pada Materi Konflik Sosial untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis
Oleh: Nisa, Hayatun, Herlina, Kartini, Sagala, Margaretha Karolina
(1)Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D); (2) Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi Konflik Sosial yang valid, praktis, dan efektif; (3) Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Ale...
Sumber: Jurnal PPS-TP: Jurnal Pendidikan Analisis, Aplikasi Teori dan Hasil Penelitian; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal PPS-TP; 55-70