Penerbit: Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lampung
P-ISSN: 25410350
E-ISSN: 25410350
DOI: https://doi.org/10.23960/komputasi.v13i1
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Ilmu Komputer (semua kategori) Arsitektur
Artikel (18)
Perancangan Sistem Manajemen Mutu untuk Penilaian Mata Kuliah di Ilmu Komputer
Penelitian ini berfokus pada pengembangan Sistem Penilaian Kualitas Mata Kuliah di Jurusan IlmuKomputer Universitas Lampung, dengan memanfaatkan platform berbasis web yang menggunakan frameworkLaravel. Sistem ini bertujuan untuk memfasilitasi manajemen data mahasiswa dan pemantauan kemajuanpembelaja...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 112-125 | 2024
Implementasi REST API Menggunakan JSON WEB Token (JWT) Pada Sistem Monitoring KPI Berbasis Mobile di PT Industri Kereta API (Persero)
In today's competitive and dynamic business environment, modern companies increasingly recognize the importance of Key Performance Indicators (KPIs) for monitoring and ensuring performance. PT Industri Kereta Api (Persero) faces challenges in managing and monitoring numerous KPIs. This research aims...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 101-111 | 2024
Keamanan Data Rekam Medis Elektronik Menggunakan Teknik Kriptografi: Literature Review
Kemajuan teknologi pada era globalisasi berkembangan dengan cepat, salah satunya adalah kemajuan Teknologi Informasi (TI). Kegiatan pada TI dilakukan dengan berbasis elektronik dan saat ini sudah banyak bidang kehidupan yang menerapkannya, salah satunya yaitu bidang kesehatan. Bukti penerapan TI di ...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 165-175 | 2024
Game Edukasi Awal Berdirinya Kerajaan Majapahit dengan Metode Game Development Life Cycle
Dalam pembelajaran sejarah secara konvensional, siswa sering merasa proses belajar membosankan sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Role Playing Game (RPG) cocok untuk menjadi genre game pembelajaran sejarah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game eduk...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 143-153 | 2024
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA SAMPAH UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL PROTOTYPE
Pengelolaan data sampah yang efektif merupakan tantangan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung upaya daur ulang. Sistem informasi pengelolaan data sampah diperlukan untuk memudahkan proses pencatatan, pemantauan, dan analisis data sampah yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan ...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 125-133 | 2024
Optimasi Sampling Bersama Roulette-Wheel Sebagai Improve Metode Sample Random Sampling
The Sample Random Sampling (SRS) method, which is commonly used in sampling, can improve theaccuracy of the results by carrying out leveling techniques based on probability values. Population data wasobtained from the 2019 Indonesian President & Vice Presidential Election Vote Count Results ...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 176-178 | 2024
Sistem Pengukur Tinggi Tubuh OtomatisMenggunakan Arduino Uno R3 Dan Sensor Ultrasonik Hc-Sr04
Sistem Pengukur Tinggi Tubuh Otomatis Untuk mengukur ketinggian manusia secara umum masih dilakukan secara manual dengan menggunakan meteran. Jika kita hanya ingin satu atau tiga orang mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika kita ingin mengukur jumlah lebih dari 124 orang bahkan ratusan orang, it...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 134-142 | 2024
Pendekatan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web
Posyandu is one of the government's platforms for providing health services to the community. Posyandu plays an important role in monitoring the nutritional development of children under five at the village level. However, due to the unintegrated system, posyandu services and activities have not bee...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 2 (2024): Jurnal Komputasi; 154-164 | 2024
Rancang Bangun Aplikasi Indeks Kepuasan Pasien RS Qadr dengan Integrasi Survei Online Berbasis Website
Rumah sakit merupakan tempat pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan bagi seseorang yang membutuhkan perawatan secara intensif. Oleh karena itu setiap rumah sakit memiliki SOP untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada pasien, jika pasien tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan maka aka...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal Komputasi; 79-80 | 2024
GAME DESIGN EDUKASI PENGENALAN WISATA CIANJUR MENGGUNAKAN METODE MECHANICS DYNAMICS AESTHETICS
The development of educational games plays a crucial role as a means to introduce interesting tourist destinations in the era of technological advancement. In this research, the development of an educational game named "Cianjur Adventure" was conducted with the aim of introducing tourist attractions...
Jurnal Komputasi; Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal Komputasi; 91-100 | 2024