Artikel (32)
Siswa dalam satu kelas berasal dari latar belakang yang berbeda, memiliki kemampuan yang beragam, mempunyai gaya belajar, motivasi, minat yang berlainan sehingga guru perlu menyiapkan pembelajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Pen...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Pandemi Covid-19 merubah sistem pendidikan seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang berawal secara tatap muka menjadi pembelajaran secara daring sehingga menuntut guru untuk berinovasi dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran sehingga pembelajaran secara daring tetap berjalan efektif. Peneliti...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas V SDN 161 Leppan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data deng...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan belajar IPS siswa kelas VI di MIN 2 kota Sawahlunto. Arah tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui tingkat belajar mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode peer teaching kelas VI di MIN 2 Kota Sawahlunto. Bentuk penelitian ini adala...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBK dalam membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa di SD Negeri 01 Tegalwero; (2) mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa dalam pembelajaran SBK di SD Negeri 01 Tegalwero. Penelitian ini merupakan pen...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Permasalahan yang sering terjadi pada saat pembelajaran di kelas adalah kepasifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Quran Hadits. Menyebabkan rendahnya hasil belajar pada bahan bacaan Al-Ashr siswa. Guru perlu memberikan perhatian khusus untuk siswa dalam mengatasi dan merefleksikan kinerja seba...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan pramuka golongan penggalang di SDN Kedungkandang 2, Kota Malang. Fokus pelaksanaan yang diteliti yaitu pelaksanaan kegiatan, faktor pendukung dan kendala dalam kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka di sekolah dasar berperan penting dalam ...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Penelitian terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VI dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pecahan menunjukkan bahwa keterampilan siswa secara umum lemah. Observasi terhadap keempat subjek menunjukkan bahwa hanya satu siswa (kelas 85) yang mempunyai kemampuan tinggi dan mampu...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Pendidikan adalah proses pembelajaran yang melibatkan pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan kebiasaan yang dilakukan melalui pengajaran, pelatihan, penelitian, atau pengalaman. Ilmu Pengetahuan Sosial sebuah pembelajaran yang memadukan fakta, peristiwa, konsep dan generalisasi yan...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test desig...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025