Penerbit: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
P-ISSN:
E-ISSN: 2807-1735
DOI: https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/index
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Umum Arsitektur
Artikel (32)
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 238 Palembang
Siswa dalam satu kelas berasal dari latar belakang yang berbeda, memiliki kemampuan yang beragam, mempunyai gaya belajar, motivasi, minat yang berlainan sehingga guru perlu menyiapkan pembelajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Pen...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI
Pandemi Covid-19 merubah sistem pendidikan seluruh dunia tak terkecuali Indonesia yang berawal secara tatap muka menjadi pembelajaran secara daring sehingga menuntut guru untuk berinovasi dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran sehingga pembelajaran secara daring tetap berjalan efektif. Peneliti...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN 161 Leppan
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas V SDN 161 Leppan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data deng...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEER TEACHING DI KELAS VI MIN 2 KOTA SAWAHLUNTO
Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan belajar IPS siswa kelas VI di MIN 2 kota Sawahlunto. Arah tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui tingkat belajar mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode peer teaching kelas VI di MIN 2 Kota Sawahlunto. Bentuk penelitian ini adala...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dalam Pembentukan Karakter Kerjasama dan Kreatif di SD Negeri 01 Tegalwero
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBK dalam membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa di SD Negeri 01 Tegalwero; (2) mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa dalam pembelajaran SBK di SD Negeri 01 Tegalwero. Penelitian ini merupakan pen...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS SISWA
Permasalahan yang sering terjadi pada saat pembelajaran di kelas adalah kepasifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Quran Hadits. Menyebabkan rendahnya hasil belajar pada bahan bacaan Al-Ashr siswa. Guru perlu memberikan perhatian khusus untuk siswa dalam mengatasi dan merefleksikan kinerja seba...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025 | 2025
Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Penggalang di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan pramuka golongan penggalang di SDN Kedungkandang 2, Kota Malang. Fokus pelaksanaan yang diteliti yaitu pelaksanaan kegiatan, faktor pendukung dan kendala dalam kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka di sekolah dasar berperan penting dalam ...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mi Nu Raudlatus Shibyan 02 Kelas VI Pada Meteri AKM Pecahan Berdasarkan Prosedur Polya
Penelitian terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VI dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pecahan menunjukkan bahwa keterampilan siswa secara umum lemah. Observasi terhadap keempat subjek menunjukkan bahwa hanya satu siswa (kelas 85) yang mempunyai kemampuan tinggi dan mampu...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Sekolah Dasar
Pendidikan adalah proses pembelajaran yang melibatkan pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan kebiasaan yang dilakukan melalui pengajaran, pelatihan, penelitian, atau pengalaman. Ilmu Pengetahuan Sosial sebuah pembelajaran yang memadukan  fakta, peristiwa, konsep dan generalisasi yan...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025
Pengaruh Media Ajar Scramble Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test desig...
Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar; Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024 | 2025