Artikel (8)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah, keluarga, dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa MTs. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif komparatif, penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori yang melibatkan 51 siswa sebagai responden. Data dikumpulka...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 2 (2024): Vol 5, No 2 (2024) Journal of Social Science Education; 96-101 | 2024
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kewirausahaan berbasis proyek yang mendorong minat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung untuk berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. (...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 2 (2024): Vol 5, No 2 (2024) Journal of Social Science Education; 89-95 | 2024
Penelitian bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan digital citizenship pada mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian mahasiswa...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 2 (2024): Vol 5, No 2 (2024) Journal of Social Science Education; 72-82 | 2024
The problem in this study was that educators need to be more competent in digital literacy and be maximal in implementing 21st century education. This study aims to analyze the urgency of digital literacy in the 21st century education era for the competence of educators at SD Negeri 8 Metro Timur. T...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 2 (2024): Vol 5, No 2 (2024) Journal of Social Science Education; 59-62 | 2024
Penanaman modal asing sering diyakini dapat membantu memecahkan banyak masalah ekonomi dan sosial yang serius. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh pananaman modal asing terhadap tingkat pengangguran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Reviews (SLR...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 1 (2024): Vol 5, No 1 (2024) Journal of Social Science Education; 43-50 | 2024
Teachers as educators are the main actors in the process of delivering knowledge or transferring knowledge in the classroom. Therefore, one of the skills that must be developed by teachers is the skill in utilizing digital media as a medium in learning that can support success in achieving these lea...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 1 (2024): Vol 5, No 1 (2024) Journal of Social Science Education; 37-42 | 2024
Analisis Pelaksanaan Sistem Paroan (Bagi Hasil) Dalam Pengelolaan Kebun Berdasarkan UU No 2 Tahun 1960 Pada Masyarakat Adat Tanjung Kupang Kabupaten Empat Lawang. Penelitian ini berfokus kepada pelaksanaan sistem paroan (bagi hasil) dalam pengelolaan kebun berdasarkan UU No 2 Tahun 1960 pada masyara...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 1 (2024): Vol 5, No 1 (2024) Journal of Social Science Education; 10-18 | 2024
Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam sektoral pendidikan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan...
Journal of Social Science Education; Vol 5, No 1 (2024): Vol 5, No 1 (2024) Journal of Social Science Education; 1-9 | 2024