Penerbit: FKIP Universitas Lampung
P-ISSN: 2775-4367
E-ISSN: 2580-9504
DOI:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Umum Arsitektur
Artikel (12)
TIPE POLA ASUH ORANG TUA YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK
Abstrak. Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Diri Anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis tipe pola asuh yang berpengaruh terhadap rasa percaya diri anak karena rasa percaya diri merupakan modal kuat bagi anak untuk dapat menjalani kehidupan kedepannya. Penelit...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 83-93 | 2022
Pengembangan Media Bela Smart Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengenalan Siaga Bencana Banjir Pada Anak Usia Dini
Negara Indonesia adalah negara yang berpotensi terjadinya banjir setiap tahun. Salah satu daerah rawan terjadinya banjir ialah Kabupaten Gresik akibat meluapnya sungai lamong. Anak-anak merupakan anggota masyarakat yang rentan menjadi korban karena keterbatasan pengetahuan. Penelitian pengembangan i...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 126-143 | 2022
Correlation Study between Teacher-Child Relationships and Social Skills for 5-6 Years Old
One aspect that can affect social skills is the teacher-child relationship. This study aims to determine the teacher-child relationship with the social skills for 5-6 years old. This type of research uses a correlational method. The research sample was 50 children. Data collection techniques using a...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 94-102 | 2022
PERAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA (AYAH-IBU-ANAK) PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran komunikasi keluarga pada kemampuan berbicara anak usia 5 – 6 tahun. Dalam kemampuan berbicara salah satu faktor yang yang mempengaruhi adala faktor lingkungan yang diimplementasikan dalam interaksi dan stimulasi dengan lingkungan. Penelitian in...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 55-64 | 2022
Pengaruh Depresi Parental terhadap Kemampuan Kognitif Anak di Indonesia
Prevalensi penderita depresi pada orang tua (depresi parental) di Indonesia mencapai 5,5% pada tahun 2018, lebih tinggi dibandingkan dengan prevalensi depresi global (4,4%). Tingginya depresi parental ini diduga mempunyai pengaruh negatif yang besar terhadap kemampuan kognifitif anak.   Penelitian...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 144-158 | 2022
Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
The Effect of Gadgets on Early Childhood Cognitive Development. The purpose of the study was to determine the effect of using gadgets on the cognitive development of early childhood in Teluk Pulai Raya Village, Tanjung Jabung Barat Regency. This study uses quantitative research methods, with a One-S...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 31-39 | 2022
Implementasi Pengembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun
Early Childhood is the most basic age of human moral formation, so that basic behavior and abilities are formed according to the stage of development. This placement aims to describe the implementation of moral development for children aged 5-6 in TK Islam Al Azhar Bandar Lampung with a research foc...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 17-30 | 2022
Loss Of Learning In Early Children
The pandemic condition has affected policies in the world of education, especially the problem of changing learning system policies. Starting from full online learning to limited face-to-face learning, even some schools according to regulations have also conducted face-to-face learning. The changing...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 47-54 | 2022
Stimulasi Perkembangan Seni Musik dalam Kegiatan Bernyanyi Anak Usia (5-6) Tahun di TK Negeri Pembina Kota Prabumulih
This research is aimed at describe the stimulation of development of the art music in singing activity at the Pembina Prabumulih State Kindergarten. These research used a qualitative descriptive type of research. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. For data ana...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 1-8 | 2022
Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
This study aims to see the effect of the material center learning model on the cognitive development of group B. The fact he shows that 9 of 11 children have not been able to classify objects , memgurutkan objects , said the lambing , using lambing numbers in counting , and matching the number .This...
Jurnal Pendidikan Anak; Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Anak; 40-46 | 2022